Selasa, 15 November 2011

Nim / Nama : Aprily Surya Rizanda Saputra
Dosen : Tan Amelia
Tugas : ADO.NET & Connected Application


ADO.NET adalah teknologi akses data dari Microsoft .Net Framework. Yang menyediakan komunikasi antara sistem relasional dan non-relasional melalui seperangkat komponen. ADO.NET terdiri dari serangkaian Objek yang mengekspos layanan akses data ke lingkungan NET. ADO.NET dibangun untuk arsitektur terputus, sehingga memungkinkan benar-benar terputus dengan sumber data dapat dilakukan manipulasi melalui Objek Dataset, yang benar-benar independen dari Sumber Data(database

Dua komponen kunci dari ADO.NET adalah Data Providers dan DataSet. Di dalam .Net Framework terdapat tiga Penyedia untuk Akses Data. Yaitu Microsoft SQL Server Data Provider, OLEDB Data Provider dan ODBC Data Providers. SQL Server menggunakan obyek SqlConnection, OLEDB menggunakan Objek OleDbConnection dan ODBC menggunakan OdbcConnection.


ADO.NET menyediakan objek untuk mengolah data . yaitu :
1. Objek Connection : menyediakan koneksi Sumber Data (Database)
2. Objek Command : digunakan untuk melakukan pernyataan SQL atau prosedur yang akan dilaksanakan pada Sumber Data (database)
3. Obyek DataReader : Aliran berbasis, forward-only, read-only pengambilan hasil query dari Sumber Data (database)
4. Objek DataAdapter : mengisi Object Dataset dengan hasil dari Sumber Data


DataSet memberikan representasi terputus hasil query dari Sumber Data, dan itu benar-benar independen dari Sumber Data(database). DataSet memberikan fleksibilitas jauh lebih besar ketika berhadapan dengan manipulasi data. DataSet terdiri dari kumpulan objek DataTable yang dapat berhubungan satu sama lain dengan DataRelation. DataTable berisi koleksi DataRow dan DataCoulumn. Objek DataAdapter menyediakan sebuah jembatan antara DataSet dan Sumber Data.

3. Komponen Akses Data

1. OLEDB Connection

Contoh C # mengambil OleDbConnection Connection String sebagai argumen dan lulus nilai pernyataan Konstruktor. Sebuah instance dari kelas C # OleDbConnection didukung OLEDB Data Provider.

 connetionString = "Provider = Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;
   Data Source = yourdatabasename.mdb; ";
cnn = new OleDbConnection (connetionString);

Setelah sambungan didirikan antara C # aplikasi dan Data Source ditentukan, Perintah SQL akan mengeksekusi dengan bantuan Obyek Connection dan mengambil atau memanipulasi data dalam database. Setelah kegiatan di Koneksi Database harus ditutup dan melepaskan sumber daya dari sumber data.

 cnn.Close (); 

Close () metode di kelas OleDbConnection digunakan untuk menutup Koneksi Database.Metode Tutup Rolls Kembali transaksi tertunda dan melepaskan Connection dari Database dihubungkan oleh OLEDB Data Provider.

2. OleDbDataAdapter
Para OleDbDataAdapter adalah bagian dari C # Penyedia ADO.NET Data dan itu berada dalam namespace System.Data.OleDb. Para OleDbDataAdapter menyediakan komunikasi antara Dataset dan Sumber Data OLEDB. Kita bisa menggunakan Obyek OleDbDataAdapter dalam kombinasi dengan Object Dataset. DataAdapter menyediakan kombinasi ini dengan metode pemetaan Isi, yang mengubah data dalam DataSet untuk mencocokkan data dalam sumber data, dan Update, yang mengubah data dalam sumber data untuk mencocokkan data dalam DataSet.

 OleDbDataAdapter oledbAdapter = new OleDbDataAdapter (sql, oledbCnn);
oledbAdapter.Fill (ds);

Obyek OleDbDataAdapter dan objek DataSet yang menggabungkan untuk melakukan kedua Akses Data dan operasi data Manipulasi dalam Sumber Data OLEDB. Ketika pengguna melakukan operasi SQL seperti SELECT, INSERT dll dalam data yang berisi di Obyek Dataset, tidak akan secara langsung mempengaruhi Database, sampai pengguna memanggil metode Update di OleDbDataAdapter.

3. Data Set
Menggunakan jenis DataSet untuk menyimpan DataTables banyak koleksi tunggal dalam program Anda. Secara konseptual, DataSet bertindak sebagai satu set contoh DataTable, ini sangat dapat menyederhanakan program yang menggunakan banyak DataTables. Dalam contoh ini, kita menunjukkan aspek-aspek penting dari jenis DataSet dan hal-hal lain.

Buat DataSet

Untuk efektif menggunakan DataSet, kita akan perlu memiliki beberapa DataTables berguna. Dalam program ini, ada dua DataTables: satu toko dua baris informasi pasien, toko kedua dua baris informasi obat. Selanjutnya, kita membuat sebuah DataSet dengan konstruktor DataSet.Kemudian, kita tambahkan dua DataTables ke instance DataSet. Akhirnya, mencetak representasi DataSet dalam format XML.
  Program yang menggunakan DataSet 

 using System;
 menggunakan System.Data;

 Program kelas
 {
     static void Main ()
     {
  / / Buat dua contoh DataTable.
  Table1 DataTable = new DataTable ("pasien");
  table1.Columns.Add ("nama");
  table1.Columns.Add ("id");
  table1.Rows.Add ("sam", 1);
  table1.Rows.Add ("tanda", 2);

  Table2 DataTable = new DataTable ("obat");
  table2.Columns.Add ("id");
  table2.Columns.Add ("obat");
  table2.Rows.Add (1, "atenolol");
  table2.Rows.Add (2, "amoksisilin");

  / / Buat sebuah DataSet dan meletakkan kedua tabel di dalamnya.
  Mengatur DataSet = new DataSet ("kantor");
  set.Tables.Add (Table1);
  set.Tables.Add (Tabel 2);

  / / Visualisasikan DataSet.
  Console.WriteLine (set.GetXml ());
     }
 }

 Keluaran

 <office>
   <patients>
     <name> sam </ name>
     <id> 1 </ id>
   </ Pasien>
   <patients>
     <name> menandai </ name>
     <id> 2 </ id>
   </ Pasien>
   <medications>
     <id> 1 </ id>
     <medication> atenolol </ obat>
   </ Obat>
   <medications>
     <id> 2 </ id>
     <medication> amoksisilin </ obat>
   </ Obat>
 </ Kantor>

Opening and Closing Connection
Opening : Sebuah method yang digunakan untuk kontak dengan sumber data / database dan untuk membuka koneksi
Closing : Sebuah method yang digunakan untuk mematikan koneksi / mengakhiri koneksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar